Bola, Jakarta - Indonesia melawan Vietnam dalam laga putaran pertama semifinal AFF Suzuki Cup 2016, di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu, 3 Desember 2016, di babak pertama kedudukan masih imbang 1-1.

Pelatih Indonesia, Alfred Riedl, memainkan formasi 3-5-2 dengan menempatkan duet Boaz Salossa dan Ferdinand Sinaga sebagai ujung tombakserangan. Di lini belakang, Riedl menurunkan Hansamu Yama. Ini adalah penampilan pertama Hansamu.

Di babak pertama kedua tim bermain terbuka dan saling menyerang. Indonesia dan Vietnam bermain dengan tempo cepat.

Indonesia membuka keunggulan melalui gol cepat pada menit ke-6. Gol berawal dari tendangan sudut di kiri gawang oleh Rizky Pora. Bola lambung mengarah ke tengah disambut oleh sundulan keras dari Hansamu Yama sehingga kedudukan berubah 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Baca: Indonesia Vs Vietnam, Riedl Turunkan Duet Boaz dan Ferdinand

Gol ini membuat Presiden Joko Widodo yang menonton langsung di stadion berjingkrak. Jokowi yang mengenakan jaket hitam nampak ikut berdiri dan memberi tepuk tangan atas gol Hansamu.

Keunggulan Indonesia tidak bertahan lama. Pada menit ke-16, wasit memberikan hadiah penalti bagi Vietnam, setelah menilai Benny Wahyudi mendorong pemain lawan di dalam kotak penalti. Nguyen Van Quyet yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dan membawa skor imbang 1-1.

Di babak pertama ini, pemain Indonesia banyak menciptakan peluang gol melalui kombinasi serangan sayap kiri. Stefano Lilipaly juga nyaris membuat Indoensia kembali unggul lewat tendangan bebasnya. Namun tendangan Lilipaly masih melebar di sisi kanan gawang Tan Nguyen.

EGI ADYATAMA